Itinerary : Seoul 3D - 2N

Here we go! one of the hottest travel destination for Indonesian (and the world perhaps!).
Sejak 2010, pemerintah Korea gencar sekali promosi pariwisata mereka daaan.. terima kasih buat adanya K-drama ataupun K-Pop yang booming di tanah air, tour ke Korea - terutama Seoul jadi laris manis.

Kali ini saya gak membahas banget untuk budget-nya ya. Hanya tentang lokasi dan durasi yang cukup untuk pengalaman pertama. Kalau mata cukup awas, akan sadar bahwa tempat-tempat ini juga sempat menjadi lokasi syuting K-drama ataupun v-klip K-pop. hehehe. (Di posting lain, saya terangkan lebih detil untuk penggemar K-drama.)

Dan jangan takut menyusuri sendirian karena Korean Tourism Organization menyediakan information center yang tersebar di berbagai titik strategis serta petugas-petugas di dalam kawasan wisata populer yang bisa berbahasa Inggris, dilengkapi brosur dan peta lokasi. Mereka biasanya berdinas berpasangan dengan seragam warna merah dan topi berlingkaran huruf 'i' (information).

Day 1 - historical trip

Seharian akan habis berputar di area Jongno yang sesungguhnya sangat do-able dengan berjalan kaki. Beberapa stasiun subway di sekitar tour spots berikut adalah :  GwangHaMun, GyeongBokGung dan AnGuk.

Pagi setelah sarapan menuju Gwanghamun Gate untuk foto stop di depan patung Raja Sejong. Tempat ini cakep di musim selain winter karena ada barisan air mancur di depannya. Ada 2 patung, satu ala berdiri (patung sang admiral) dan satu ala duduk (patung raja Sejong). Kita bisa foto dengan background city dan background palace plus gunung yang dramatis.
Dari sini jalan kaki ke Gyeongbokgung Palace. Usahakan tiba sebelum jam 10 agar bisa nonton peragaan pergantian tentara ala jadul yang bagus. Guard changing re-enactment ini ada 3 kali sehari. Pagi hari paling oke untuk foto-foto karena pencahayaan yang segar.


gwanghamun square with gwanghamun gate behind
guard ready to go 

JD at gwanghamun square
gangnam style at gyeongbokgung!

watching changing of guards at gyeongbokgung


Dari Gyeongbokgung Palace makan siang di sekitar Bukchon Village. Bisa naik subway (beda 1 stasiun) atau naik taksi (recommended kalau ber 2 atau lebih) sekitar 3000 won saja. Di sini ada pilihan restoran Korea maupun western. Fast food Lotteria juga ada.

Setelah lunch, menyusuri BukChon Village, yaitu area perumahan tradisional yang dilestarikan pemerintah. Banyak sekali rumah yang masih asli berupa Hanok seperti puluhan tahun lalu. Setiap rumah dilindungi dinding batu. Namun pembagian ruangannya masih menggunakan pelapis kertas dan kayu. Sistem tata udaranya juga masih tradisional menggunakan ondol serta tata ruang setiap rumah yang mengandung filosofi tertentu.






Dari petugas 'i' berseragam merah, saya dapet peta kawasan dengan titik-titik yang ditandai termasuk dimana posisi paling oke untuk foto-foto. Beberapa rumah dibuka untuk umum agar dapat bayangan seperti apa sih Hanok itu. Ada juga yang sudah disulap  jadi museum dan menyediakan  baju tradisional Korea - Hanbok- buat dipakai foto-foto. Beberapa tempat juga mengenalkan upacara minum tehnya. kalau memang tertarik lebih jauh, bisa mampir di Bukchon Village Cultural Center.
Kawasan ini berbukit, jadi sebaiknya tidak memakai heels.

more about Bukcon Village ada di post ini .

Menjelang sore, kalau masih ada tenaga bisa mampir ke Palace satu lagi persis di samping Bukchon Village namanya Cheongdokgung Palace. Sejujurnya, saya tidak terlalu tertarik dengan Palace-nya. Buat kita yang gak sebrapa paham, keliatannya agak mirip saja, plus Gyeongbokgung lebih megah. Tapi Palace yang ini buat saya tetep istimewa karena ada ... Secret Garden! eits, bukan Secret Garden the drama yah.. hehe. Tapi di bagian belakang istana ini ada taman rahasia yang sebelumnya hanya boleh dimasuki keluarga kerajaan. Hingga saat ini pun, dengan banyak taman umum tetap saja taman ini tertutup untuk warga, kecuali pengunjung palace dengan membayar ekstra untuk tur. Ada jam-jam tertentu dengan tur guide berbahasa asing. Demi penasaran, saat pertama saya ikut tur guide bahasa Jepang, karena yang bahasa Inggris baru ada satu jam lagi. Sesuai namanya, secret garden ini memang menyimpan rahasia yang cantik. :)

path to Biwon Changdeokgung

Changdeokgung biwon on winter

one of pavilions at changdeokgung
secret garden main pavilion


Matahari sudah terbenam. Untuk kegiatan malam hari akan saya kasih opsi yang bisa dilakukan alternately (terserah mau di malam pertama atau kedua) tergantung stamina.

Opsi 1 - untuk yang lelah.
wisata kuliner misalnya shabu shabu atau BBQ Korea yang mudah ditemui dimana-mana. Bisa tanya ke reception tempat menginap dimana yang terdekat. Wajib coba galbi (beef ribs) yang sudah direndam bumbu semalaman. Mereka juga menyediakan jenis daging lain sih..
Masakan dibakar oleh staf di meja kita (bisa juga kita ikutan masak2). Harga yang berlaku biasanya dihitung per-orang. Sudah termasuk set side dish (aneka kimchi, telur goreng, miso sup, lalap, cocolan - yang unlimited - bisa minta nambah), nasi putih atau mie berkuah sebagai penutup dan tentunya daging. oya, di semua resto korea, air putih selalu gratis.
wisata kuliner hawker-nya Korea juga oke. Banyak pilihan halal, jadi tidak usah takut. Karena Koreans big on seafood juga. banyak pilihan terbuat dari sayur dan non daging merah.




Opsi 2 - untuk yang gak sanggup jalan.
nonton pertunjukan karena : duduk, terhibur, beda, berkesan.
Pilihannya ada cukup banyak dan mereka main setiap hari (beberapa bisa 3 show perhari dan memiliki lebih dari 1 teater pertunjukan) seperti Cooking Nanta, Jump, B-Boy, dll. Cooking Nanta baguuus sekali. gak heran mereka sudah tour keliling dunia dan sampai punya beberapa teater di Seoul. Untuk booking harus satu hari sebelumnya. namun di hari H juga tersedia penjualan tiket di loket satu jam sebelum waktu pertunjukan. pastikan Anda sudah tahu jadwalnya sebelum datang. bisa hubungi 1330 untuk info lebih lengkap.

time to rest my feet but entertain my eyes


Opsi 3 - perlu mata dan kaki yang kuat... (serta dompet tebal)
ke N Seoul Tower yang kesohor itu (last entry 9 pm. tutup jam 11 hari biasa dan jam 12 midnite di hari libur).
Lokasinya amat tengah kota Seoul, tepatnya di Mount Namsan area. Untuk menuju ke sini bisa naik taksi ke stasiun cable car atau naik shuttle bis gratis yang disediakan Seoul Tower dari stasiun subway Myeongdong ke stasiun cable car atau langsung ke pelataran towernya. Berjalan kaki juga bisa sih. Tapi saya gak saranin. Pulangnya gak papa karena jalan menurun. tapi itupun kalau masih sanggup :)

Naik cable car 8000 won pp atau 6000 won one way. Sebaiknya sih dicoba, karena pemandangannya kereeen! siap-siap antri....

from http://topiclessbar.files.wordpress.com/2012/01/namsan-cable-car.jpg

from http://i1198.photobucket.com/albums/aa448/Krish_Madarang/IMG_1655.jpg

Sesampai di pelataran tower, ada pilihan untuk naik ke atas atau tidak. (soalnya dari sinipun pemandangan udah keren). Di pelataran ini ada kafe, toko, pagoda kecil dan .. ini yang paling ramai.. deck tempat gembok cinta! hehe. kabarnya, pasangan yang pasang gembok di sini cintanya bakal langgeng.

from http://www.thekoreaguide.com/wp-content/uploads/2010/08/couple.jpg

Untuk naik ke atas bayar lagi. 9000 won untuk observatory deck. 6000 won untuk teddy bear museum. atau 14rb won untuk keduanya.

Teddy Bear Museum? apa itu? silakan dateng kalo sekedar penasaran, tapi saya sih gak doyan. hehehe. isinya boneka teddy yang dibentuk jadi diorama untuk menggambarkan Korea dulu dan sekarang (ada 2 hall). Untuk ke observatory deck, kita antri lagi untuk naik lift. Tapi liftnya cepeeet banget. Mana pake spesial efek pula. Di atas sih, seperti biasa ada kekeran, petunjuk arah, restoran, dll. Yang unik nih, ada Love Letter desk. Kita bisa beli kartupos plus prangko di sana untuk langsung dimasukkan ke dalam kotak pos. Critanya, 'gue kirim postcard dari kotak pos tertinggi di dunia'. :D

Di sini juga ada kolam koin (lempar koin and make a wish) dan cabang chain dessert cafe favorit saya 'A twosome place'. Kopi dan kue-kue mreka enaak...

Day 2 - Shopping

Capek kan kemaren urusan palace. Jadi marilah kita menggila shopping. 3 area wisata belanja tengah kota yang berdekatan yaitu Myongdong, Namdaemun dan Dongdaemun. Ketiganya dilalui line subway yang sama, jadi sangat mudah untuk berpindah lokasi. Buat hardcore shopping, ketiganya wajib coba. Namdaemun untuk harga menengah dan murah (termasuk grosiran), belanja suvenir paling murah di sini. Dongdaemun sebagai fashion hub dengan koleksi lebih untuk anak muda. Doota adalah gedung pusat fashion yang tersohor di sini.
Sementara Myeongdong penuh dengan barang bermerek mulai dari Uniqlo, H&M dan sejenisnya hingga ke arah Lotte Plaza yang berisi barang branded up market macam Bottega, LV, Prada, etc. Di samping Lotte Plaza terdapat Avenue of the Stars yang cocok disambangi oleh pecinta K-Pop.

Tempat shopping lain yang gak kalah seru adalah COEX Mall, di sini juga ada seaworld-nya Seoul. Muter-muter di COEX Mall nanggung kalau gak mampir ke Gangnam (uhuy!) dan nyusurin kafe-kafe lucu di Apgeujong. Di area posh ini juga ada dept store yang cukup high class namanya Galleria. Yang mau tanya-tanya operasi plastik juga cocok main ke suburb ini.











Day 3 - Leisure

Sejarah/Palace sudah. Shopping sudah. what about having a trip in a trip?
Ada beberapa opsi : ikut tur ke perbatasan Korea Utara yang terkenal dengan DMZ, main ke tempat main such as Lotte World atau everland, kalau winter bisa ikut tur ke ski resort, kalau on budget dengan anak bisa ke Children Grand Park, main di taman tepian sungai HanGang atau ke aneka museum dan pameran mereka.











Dengan 3 hari mengerjakan 3 jenis kegiatan, trip ke Seoul terasa lebih berwarna dan stamina gak terlalu hancur sekembali dari jalan-jalan. Kalau rasanya tidak akan puas, durasi tripnya diperpanjang saja. hehehe.

Selamat mencoba!




Comments

  1. itu yg jualan sepatu2 klo boleh tau nama daerah detailnya apa ya?? makasih...

    ReplyDelete
  2. spatu di seputaran ewha women university

    ReplyDelete
  3. Itaewon, Hongdae, traditional markets, park around Han river juga belum disebut di sini.. but if its only 3 days, we gotta choose...

    ReplyDelete
  4. Hi there, here is more transportation tip for you. There is T-money card and you can use that for transportation during your journey. You just need to top up the value from convenient store or all station. In ICN, you can purchase some good and reasonable transportation packages and I want to introduce them for you. In ICN, from travel center, there are 'express train and T-money card', 'express train and international taxi' and 'express train and EG sim card'. With express train, you can go to Seoul station directly with comfortable reserved seat and you can choose between other three options what you need. If you are interested in these, please visit to travel center(located in B1, ICN). Thank you.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Aturan Imigrasi Thailand Untuk Long Term Stay

Free Visa ke Korea Limited Time

Itinerary : Kuala Lumpur - short term 3D2N or 2D1N