Free Visa ke Korea Limited Time



Kabar gembira untuk warga Indonesia yang ingin melancong ke Korea Selatan. Salah satu imbas dari penyelenggaraan Olimpiade Musim Dingin 2018 yang akan diadakan di Pyeongchang (sekitar 3 jam bermobil dari Seoul ke arah timur), adalah usaha pemerintah setempat untuk meningkatkan pariwisata. 

Salah satu program yang ditawarkan adalah bebas visa bagi pemegang paspor Indonesia, Filipina dan Vietnam untuk pelesir ke Korsel jika mendarat di bandara YangYang yang terletak di propinsi Gangwon (yang jauh lebih dekat ke Pyeongchang dibandingkan bandara Incheon).

Bandara yang paling dekat ke perbatasan Korea Utara ini sebelumnya digunakan untuk melayani rute regional, domestik terutama untuk pesawat pribadi/carteran. Mungkin itu juga sebabnya, meskipun bandara ini dibuka untuk umum, namun wacana bebas visa berlaku jika wisatawan datang dalam bentuk tour group. 

Rapat persiapan olimpiade dan peningkatan pariwisata kawasan tersebut dihadiri wakil perdana menteri Kim Dong Yeong dilakukan tanggal 3 November lalu dan membolehkan bebas visa ini berlaku hingga April 2018. Berita yang dimulai oleh Yonhap News ini juga diulas di koran online masyarakat Filipina, PinoySeoul

Bagi saya, kawasan Gangwon ini memang istimewa. Perpaduan pegunungan dan pantai indah dapat dijangkau dalam waktu pendek. Sayangnya, lokasi ini cukup jauh dari Seoul maupun Incheon. Sejak 2016 lalu, kami sudah mendapati pembangunan jalur kereta dan perbaikan/pelebaran jalan di kawasan ini. 

Selain bebas visa, program lain yang ditawarkan untuk pelancong adalah tourist card dan transportasi yang lebih mudah di kawasan ini selama Olimpiade berlangsung di akhir tahun 2017 hingga April 2018. Soalnya memang tidak ada MRT di sini. 

Jika kamu pencinta drama korea, sudah seharusnya mengeksplor kawasan ini. Banyak sekali drama rating tinggi yang syutingnya di sini. Adegan main ski, liburan di taman bunga dan pantai, cuplikan mobil di lekukan pinggir laut, bahkan suasana desa di bukit, dan film bersetting kerajaan juga dilakukan di propinsi ini.  Goblin, The Heirs, Legend of the blue sea, Descendants of the Sun.. you name it!

Berhubung masa berlaku visa sampai April, saya sarankan untuk merencanakan perjalanan di tengah Maret. Terutama untuk orang Indonesia yang nggak tahan dingin tapi ingin merasakan main ski. Di tengah Maret, beberapa ski resort masih buka untuk main ski dengan harga miring (sudah lewat dari peak season). Dan jika beruntung, di akhir Maret/awal April sudah bisa menikmati musim semi, alias cherry blossom season!

Happy hunting tour agent dan travelling ke Korea! 


Comments

Popular posts from this blog

Aturan Imigrasi Thailand Untuk Long Term Stay

Itinerary : Kuala Lumpur - short term 3D2N or 2D1N

Siapkan ‘Amunisi’ Menghadapi Taksi di Kuala Lumpur