Itinerary : Kuala Lumpur - short term 3D2N or 2D1N

Cukup sering orang Indonesia saya temui di KL sedang jalan-jalan di seputaran bukit bintang. Eh sorenya, saya ketemu mreka lagi di Suria KLCC. Rombongan yang sama. Suatu hari saya iseng negur anggota rombongan tipe ini. Eh ternyata mereka ada training di KL, tapi trainingnya kelar hari jumat siang (sebelum jumatan). Diatur oleh panitia ada waktu 1 hari jalan-jalan. Beberapa yang beruntung boleh perpanjang 1 hari lagi dengan kamar hotel extra 1 malam bayar sendiri.

Ada juga tipe keluarga yang beli tiket free and easy, 3D2N. tapi sbenernya yang 1 hari sudah habis buat travel time. trus buru2 mau ngejar ke genting highlands (to get nothing..), trus anaknya digeret sana sini sampe akirnya jutek pas difoto.

Rombongan macam ini, yang ke KL sebentar saja punya itinerary yang cukup membosankan (kalo dibuatin travel agent). Tepatnya, itinerary pemerasan. Karena diarahkan hanya belanja saja. Pinter ya mereka bikinnya.. hehehe.

Kalau saya boleh saran, untuk alokasi waktu 2 hari 1 malam (kurleb yah..), bisa coba seperti ini untuk balancing antara masa kini dan masa lalu. Maksudnya biar agak kenal KL luar dalam gitu.. hehe.
(asumsi menginap di tengah KL dan first time visitor) :

Hari 1 - komersil day

Pagi - Siang (menikmati udara dan matahari, foto2 narsis/durasi 3 jam) :
Twin Towers dan KLCC park. Wajib foto di kolam air, di jembatan dengan suria-twin towers background dan di depan air mancur dengan background KLCC park. Optional naik ke skybridge-nya Twin Towers. ini ada tekniknya, gak bisa ujug2 antri-beli tiket-naek. bisa liat di post saya yang lain tentang bahasan ini.

KLCC Park

KLCC Park

waterpark KLCC


Stelah capek kliling taman, ngopi2 di Dome or Ben's, atau Harrods atau langsung makan siang di foodcourt di dalam Mall. Saran, makan di foodcourt lt.2, ambil posisi di jendela menghadap KLCC park, view-nya mahal padahal makanannya murmer! untuk dapet seat spesial ini, pastikan tiba di foodcourt sebelum jam 12 - lunch break orang kantor.

Siang - Sore (shopping en route at Suria Mall/durasi 3 jam) :
Shopping/cuci mata di Suria sejenak (!). Untuk para bapak/yang suka ngasah otak (sori bu ibu, stereotyping nih, ibu2 gak mau sia2in kesempatan belanja soalnya!), ataupun yang bawa anak, sangat saya sarankan untuk ke Petrosains di lt. 4. Pusat sains interaktif untuk have fun belajar tentang sumber daya alam, energi dan juga ilmu fisika - kimia dasar. Bisa ngerasain masuk rig-rig-an , nyobain mobil ala F1, dan melakukan aneka eksperimen.

Petrosains Suria KLCC

Petrosains Speed diresmikan Nick Hedfield dan Jacques Villenueve (F1 Drivers)

Idenya bisa gini, kalo keluarga dengan bapak-ibu dan anak, biarkan si ibu keliling sendiri sepuasnya - masak 3 jam gak cukup?-, sementara bapak-anak ke petrosains. kcuali si ibu mau ikut tentunya. ksian kan kalo anaknya harus ngintilin ibu syoping?
oya, kalo kesini saya gak pernah lupa beli Eskrim Starbucks di dalam supermarket Isetan. :)

Sore - Isya (afternoon walk-bukit bintang/durasi 3 jam... or unlimited) :
Dari Mall Suria, jalan kaki melewati jembatan pejalan kaki terpanjang di Malaysia menuju Mall Pavilion. Ini mall memang menggoda. tapi sbenernya sama aja rasanya dengan main ke PS-PP campur Citos. Di dalem Mall ini, langsung menuju lt.6, Tokyo Street. Bagian ini khas dan unik. Di dalamnya ada Daiso, toko produk jepang serba RM5. hati-hati kalap! sesuai namanya, di sini serba jepangisasi. Disiplin untuk hanya max 1 jam di Pavilion, kecuali udah gak tahan laper, bisa makan di foodcourt fave saya, B1 Pavilion.
Kuatkan kaki... susurilah jalan bukit bintang yang kesohor itu. belok kanan ke jalan Alor melihat keramaian dinner seafood ala china/thai. Ada warung nasi hailam Cheemeng yang juga happening di sini. Masi kuat? masuk ke sungei wang. habiskan malam dan pulang.



Bukit Bintang stripe in background

Pavilion Mall Atrium


Bujet besar? coba dinner di revolving restaurant 360 di lantai atasnya Menara KL Bukit Nanas (gak jauh kok dari Bukit Bintang/Twin Towers)

Sama temen2 mo hedon? masuk ke jalan pinang/p.ramlee, pilih aneka club/pub like Zouk, Quattro. atau balik lagi ke arah KLCC, cobain rooftop bar di Traders hotel with twin towers view at night yang super memorable. :)


Hari 2 - Historic - smarty day

Pagi - Siang (historic sites / durasi 3 jam) :
naik MRT menuju stasiun 'Masjid Jamek'. Turun di situ. Optional, masuk masjid Jamek (non-muslim juga boleh). Ini mesjid bersejarah bagi warga Malaysia/KL stidaknya. masjid ini terletak di antara 2 sungai dan plot lahannya berbentuk segitiga. di sudut belakangnya, bertemulah 2 sungai itu. Pertemuan 2 sungai disebut mereka Kuala. Dan sungai tersebut membawa lumpur. Jadilah Kuala Lumpur. Titik ini, sungguh asal mula kota KL loh! Eniwei, tapi nanti kita akan melewati titik tersebut dari sisi lain.
Sementara ini, setelah turun dari MRT, ikuti petunjuk ke arah Dataran Merdeka.


Bangunan Sultan Abdul Samad

Historical Flagpole hole

Tudor Style, Royal Selangor Club


Dataran Merdeka ini berhadapan dengan bangunan khas bertema Mughal (Sultan Abdul Samad) yang umurnya lebih tua dari kemerdekaan Malaysia. Turis gak boleh masuk karena masih dipakai untuk kantor pemerintahan. Di bagian tengah lapangan ini, ada tiang bendera paling tinggi, itulah tiang bendera dimana bendera Malaysia pertama kali dikibarkan setelah Inggris memberi negara ini kedaulatan tgl 31 agustus 1957. di bawah tiang ada tulisannya. di lapangan ini juga ada background foto keren, bangunan ala Tudor Inggris yang sbenernya bagian belakang dari Royal Selangor Club. Di sampingnya ada museum KL. Wajib masuk buat yang pengen tau sejarah KL.
Belok kiri setelah bangunan Sultan Abdul Samad (masih jalan kaki kan...), lalu berenti di jembatan. liat ke kiri. itu dia yang tadi saya bilang Kuala-nya Lumpur. :) jangan lupa difoto ya... lanjut lurus sampe ketemu jam di kiri. lihat ruko2 tua itu.. cakep loh buat difoto kalo dapet angle yang pinter.
Gak jauh dari situ, kalo lihat ke kanan ada bangunan warna biru muda. itulah pasar Seni. Di dalemnya sih biasa aja, tapi Kasturi Walk di sampingnya lumayan bagus buat foto. Pasar Seni ini dulunya pasar tradisional dibangun tahun 1880.

the Central Market

Kasturi Walk with Es Teler 77 on the side

Precious, old Malay-China resto

inside Central market, upper floor view is Food Court

Lunch break bisa di sini. Ada resto menarik di samping foodcourt (harga menengah) namanya 'Precious'. Ini resto cabang dari pusatnya di tengah chinatown. Cukup kesohor lah. Atau kalo kangen masakan indo, ada esteler 77 di ujung kasturi Walk.

petaling street bazaar

atau, bisa lanjut jalan sdikit lagi menuju Petaling Street Bazaar, isinya barang palsu semua. hehe.. well, mayoritas lah. tapi ini masuk chinatown. kalo mau coba makanan china-malaysia, banyak pilihan di sana.


Siang - sore (temples anyone? / durasi 3 jam ) :
ada 2 pilihan, temple kicik2 di skitar Chinatown - temple India dan temple China.
atau naik taksi 30 menit ke Batu Caves. Di sini temple juga, tapi magisnya beda.

atau... naik monorail dari ujung ke ujung - cuma 1 jam kalo ini - preferable kalo saya sih.. hehe. hobi!
view from monorail ride is good, better try


Sore - tutup hari. Balik hotel. check out siap2 pulang kalo cuma wikenan.

Hari 3..
nah, baru coba keluar KL kayak ke sunway lagoon, or melaka, dll.

====

saya rasa itinerary yang ini bisa menjadi dasar dan dikembangkan sesuai minat dan extra malam. misal, di tempat2 tertentu lebih lama. atau ada tempat yang dihapus, etc. mayoritas berada di seputaran KL yang luasnya gak beda jauh dengan jakarta pusat.

tapi kalo memang akan shop till you drop atau niatan mall-hopping, ada option untuk ke mall besar lainnya sedikit di luar pusat KL. mungkin akan saya bahas di posting lainnya. maaf juga kalo fotonya gak mencakup smua bahasan, akibat tersebar di berbagai device tapi belum bersatu file-nya. kalo nemu, pasti saya update.

Any comment/question? feel free. kalo guiding versi virtual gini, saya gak akan charge. hehehe.



Comments

  1. Mbak...ditunggu itinerary nya buat Bangkok :D

    ReplyDelete
  2. siyap! memang lagi di draft kok nih.. sbentar ya nunggu. sementara, boleh cek aneka post sebelumnya yang di tag 'bangkok' di sini. tenkiu

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi mb fina, salam kenal. mau tanya klo mau minta bantuan dibuatin itenary kl 3D2M bisa ga? hehehe atau kmasih feel free atau kena fee??first time nih jd agak bingung#norak ya. thx a lot

      Delete
  3. Mba Fina ijin Shared ke halaman Postku jg ya postingan2mu... semoga bermanfaat buat tmn2 yg lain.. ^_^

    ReplyDelete
  4. silakan @wilma, malah seneng saya kalo banyak yang terbantu.
    dan untuk @u-dee, yang bangkok sudah tersedia. silakan disimak.
    :D

    ReplyDelete
  5. Iya Mbak, udah d-bookmarked kok :D
    Sementara ini lagi survei buat nyusun itinerary ke KL Feb nanti (4D3N)
    First-timer ke KL nih, bawa istri & anak 3thn.
    Enaknya nginep daerah mana ya Mbak? Yg family friendly & murmer...hehehe.
    Hostel/guest house jg gak masalah, asal tempatnya gak jorok.
    Sapa tau Mbak ada rekomendasi.
    Thanks before.

    ReplyDelete
  6. Hai mbak..kl pusat penjualan durian di KL dimana ya.dengar Ada di jalan SS2/75,cara kesana slain taxi bisa mengunakan ya,kl naik monarail turn ya dimana?thx

    ReplyDelete
  7. Mba Fina
    Kalo mau ke Genting kan harus pesen tiket busnya dulu ke KL sentral kan yah ?
    Nah KL sentral kalo boleh tau ,closed nya jam brapa ya ?
    Thank You

    ReplyDelete
  8. hi Hana, banyak cara sih ke Genting. KL Sentral tutup jam 10 malam. informasi detil soal KL sentral bisa cek di sini : http://www.ktmb.com.my/index.php/9-newsflash/5-waktu-operasi-kaunter-tiket-stesen-kl-sentral-kuala-lumpur

    ReplyDelete
  9. Hai juga, salam kenal. Di sini sudah ada sedikit bayangan sih utk itinerary 3D2N , tp kalo mau yg sesuai minat, memang perlu dipikirin masak2, apakah sukanya shopping-exploring-nature-dll. Coba imel ke finaisme@yahoo.com. Kalo ribet rikwesnya, ada sdikit fee ya. Sebab makan waktu saya agak lama

    ReplyDelete
  10. mba, klo jalan dari KL ke Melaka PP sehari, possible gak ya? aku buta banget sama KL. pengen 3D2N aja, 2 hari di KL, 1 hari d Melaka, tapi nginep di KL aja. bisa kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Emii, mungkin banget kok day trip dari KL ke Malaka. ada banyak jadwal bis dari Terminal Bersepadu KL. Maksimal 2 jam perjalanan dari KL.

      Delete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Aturan Imigrasi Thailand Untuk Long Term Stay

Free Visa ke Korea Limited Time