Itinerary

Lumayan sering dapet imel nanyain kalo ke sini situ enaknya ngapain aja. Dan minggu lalu dapet masukan yang sama di twitter temen. Dulu sih saya sering bikinin rute jalan buat aneka temen: yang perginya sendiri, sama suami doang, sama temen ataupun rame-rame sekeluarga. Iya, customized gitu. kan tiap orang beda interest yah. 

Trus, tipikal orang Indonesia yang saya temui cenderung ingin mendapatkan semaksimal mungkin. Kalo jalan-jalan artinya setiap hari harus diisi dengan melihat sebanyak mungkin tempat. Kalo shopping artinya dateng ke banyak tempat/toko dan belanja banyak dengan harga seminim mungkin. Kalo nginep pengennya dengan budget seminim mungkin-lokasi sedekat mungkin-fasilitas sebanyak mungkin. Dst. 

Karena sering didaulat jadi guide (dan pernah beneran jadi guide yang dibayar.. hehe) jadilah di setiap kota radar turguide bekerja. Kalo liat toko langsung kebayang tipe orang yang ksana. kalo liat penginapan cantik, langsung pengen tau rate-nya. apalagi kalo liat obyek wisata, langsung inspeksi child-friendly ato enggak. 

Biasanya kalo saya bikin itinerary buat kenalan, saya tanya dulu sama dia : brapa lama di sana, sudah ada pilihan/booking akomodasi belum, kuat jalan kaki/enggak, interestnya terutama apa... berlibur leyeh2, blend dengan warga lokal ato turis asli. yang dimaksud turis asli sama saya itu adalah melihat tempat sebanyak mungkin diselipin adegan blanja... biasanya sih oleh2 ya. 

Jadi mulai hari ini, saya akan posting beberapa contoh itinerary di beberapa kota yang pernah kami tinggali. Saya usahakan itinerarynya dapat mengakomodasi aneka minat. 

Doakan saya berkomitmen dengan proyek ini yah.. hehehehe.. happy reading. 


Comments

Popular posts from this blog

Mendarat di Bandara Luar Negeri Tanpa Bingung

Aturan Imigrasi Thailand Untuk Long Term Stay

Drama Goblin (lokasi syuting dan pernak pernik).