Resep : Ketupat Sayur Betawi


Sejak kenalan dengan cara cepat memasak tanpa bumbu siap saji, waktu yang dihabiskan di dapur jadi lebih singkat tapi rasa masakan tetep nendang. Cara saya antara lain beli bahan dasar yang sudah siap pakai (bawang kupas, laos-jahe-serai iris => beli versi frozen, lalu di rumah dipindahkan ke wadah bertutup dan simpan di kulkas. trial pertama ini, sudah mau sebulan bahannya masih segar). Lalu gunakan blender buat menghaluskan.. kalau memang ada waktu, enaknya diulek manual sih. Dan tentunya santan pakai yang instan, kelapa parut pun kalo mau pakai beli yang sudah diparut versi frozen. Terasi beli yang sudah siap pakai.

Berikut masakan yang agak rumit tapi jadi 'instan' dibantu trik di atas. Total lama memasak dari awal hingga bisa dimakan skitar 1.5 jam.

Yang perlu disiapkan untuk bumbu :
Bawang merah, bawang putih, cabe merah, terasi, lada bubuk, sereh, daun salam, santan (kalo cair 750ml, atau 250ml cream yang dicairkan hingga jadi 750ml), ketumbar, jintan, beras, kecap manis.


Masak Ketupat :
Beli ketupat instan (hehehe) yang cuma perlu dikeluarkan dari bungkusnya, rebus dalam panci (harus terendam air), kasih garam sedikit, tutup pancinya dan tunggu 1 jam. Setelah jadi, dinginkan dengan cara dibiarkan (bisa makan waktu 3 jam!) atau taruh di kulkas 5-10 menit biar agak mengeras, stelah itu taruh di dalam rice cooker (di atas nasi. kalau gak masak nasi, tetep taro di kulkas aja, panasin ala microwave setiap mau makan).

Masak Sayur Godog :
1. Potong2 sayur yang diinginkan sekitar 250 gr (pilihan labu siam, buncis, kacang panjang, wortel). kmarin saya tambahkan tahu sutra dan udang.
2. Blender : 4 cabe merah besar, 4 bawang merah, 3 bawang putih, terasi matang 1 sdm
3. Tumis bumbu halus (hasil blenderan no.2) dengan sedikit minyak (3sdm) sampai wangi.
4. Masukkan udang, irisan laos (kira2 3cm), sereh (2btg) dan daun salam (3lbr) aduk sebentar sampai daun2 layu.
5. Masukkan santan aduk sampai mendidih
6. Masukkan sayuran, tambahkan garam dan kaldu ayam (optional).
7. Tunggu sampai sayuran empuk, DONE.

Masak Semur Daging :
1. Blender : 4 bw merah, 3 bw putih, 1 sdm lada bubuk, garam.
2. Sangrai : 1 sdm ketumbar, 2 sdm beras, 1 sdm jintan. haluskan.
(Pilihan lain kalau ribet, ketumbar dan jintan ikut di blender. tidak pakai beras. hasilnya nanti akan lebih encer).
3. Potong2 250 gr daging sapi kotak2. Lumuri dengan bumbu blenderan, diamkan 10 menit.
4. Ungkep daging berbumbu dengan air secukupnya, sampai daging agak empuk.
5. Setelah daging empuk, tambahkan kecap manis dan air sesuai banyaknya kuah yang diinginkan. (kalau pakai bumbu sangrai, masukkan sekarang).
6. Aduk2 sampai mendidih/daging empuk. DONE.
Catatan : dengan bumbu sangrai, kuah akan kental krn beras. tanpa bumbu sangrai, kuah bisa agak kental dengan nambahin kecap manis.

Makan dengan kerupuk dan sambal rawit ulekan (mine was coming from a jar. tapi bikinnya gampang kok. rebus rawit, ulek).



Kalau 3 kompor nyala bersamaan.. smua ini selesai sesuai timing-nya :))

Good luck!

Comments

  1. Sampe ngiler gue, Fin. -Umbad-

    ReplyDelete
  2. kebiasaan gw, selesai masak, udah capek. dan ga semangat buat makannya .. hehe.. gw numpang makan masakan lo aja deh, fin

    ReplyDelete
  3. Sekarang telah hadir ketupat instan made in indonesia. Silahkan mampir di fb ketupat mini kumin.
    masak lonsay jd mudah

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Aturan Imigrasi Thailand Untuk Long Term Stay

Free Visa ke Korea Limited Time

Itinerary : Kuala Lumpur - short term 3D2N or 2D1N