bangkok BEDA dong sama jakarta

you don't really know what you had until you loose it...

kira2 begitulah. saya sudah 'tidak punya' jakarta ataupun bangkok lagi. dan skarang smakin jelas bahwa 2 kota itu BEDA. gak sperti banyak orang yang bilang : bangkok tuh kayak jakarta lah..

mari kita beda satu-satu 'persamaan' yang menurut kebanyakan orang (termasuk saya, hingga beberapa saat lalu) berlaku di kedua tempat itu :

1. metropolis macet, berdebu, panas, padet

ah masak sih sama? di jakarta maupun bangkok kita emang ketemu macet. tapi emangnya di hongkong, KL, NY, Dubai, gak ketemu macet? macet itu mah penyakit kota besar toh.. jadi gak bisa dibilang sama. karena feeling macetnya juga beda kok. stidaknya kena macet di bangkok dalem taxi, kita bakal denger dangdut ala thai yang lama2 menarik didengar itu.
berdebu? again, di kota lain juga ada. panasnya bangkok itu juga beda dari jakarta. kadang lebih kering, kadang lebih menyengat.. serasa keliling kota sama aja dengan keliling tanjung priok. tapi taukah kalian kalo bangkok itu punya musim dingin yang memang terasa dingin? padetnya sih masih kalah dari jakarta.. dijamin.
dan ketika unsur2 di atas dikombinasikan, bangkok gak lagi terasa seperti jakarta kok... ini kan bagian yang paling bikin orang ogah ke bangkok..

tapiiii... yang paling signifikan berbeda, bangkok punya BTS dan MRT. smua keluhan di atas langsung buyar! dengan public transport yang satu ini, dijamin gak kena macet, debu, panas .. well... padet sekali2 di jam sibuk.

2. shopping experience nya sama aja

eits! gak banget! emangnya knapa itu airasia dari jakarta ke bangkok isinya shopper smua??
jakarta boleh punya mangdu, tapi barang dari pratunam/platinum/bobae/chinatown ngisi mangdu juga (dan aneka ITC lainnya).. namun tidak sebaliknya. bangkok cuma bisa bangga sama Siam Paragon, Central World di pusat kotanya. liat dong jakarta, ada plaza indonesia (plus extension-nya), Grand Indonesia, PS, Sency, Pasific Place.. baru itu aja, Bangkok udah kalah telak! sbagei penikmat mall, bolehlah saya bangga dengan mall di jakarta.
tapi lagi2, chatuchaknya bangkok masi gak bisa ditandingi, scara luas dan variasi barang. dari ular idup, ular karet, baju motif ular, spatu-tas kulit ular, mungkin kalo dibongkar lebih jadi, bisa beli penari ular. hehehe.. yah, pengalaman daku sih, di chatuchak dan skitarnya udah one-stop shopping untuk smua kebutuhan idup. dari beras-furniture-panci-baju dkk-pets-pampering-etc.

3. harganya sama
hm.. enggak sih. beberapa macem bareng bisa banting harga dibanding jakarta. sewa rumah, beli mobil juga bisa lebih murah. kecuali kijang innova yang mahalan di bangkok, karena itu kijang di-impor dari indonesia.
yang paling terasa, waktu saya melahirkan cesar di bangkok. dengan fasilitas yang lebih baik dan recovery yang lebih nyaman, biaya yang saya keluarkan setengah dari paket setara di jakarta. sadis deh.

4. orangnya mirip
ya jelas enggak lah. muka boleh dibilang mirip.. tapi liatin satu2. yang thai chinese beda loh sama indo-chinese. yang thai melayu, lebih kayak orang malaysia. yang pake jilbab tipenya satu rupa gitu aja.. coba liat gaya cewek berjilbab di jakarta? aneka rupa toh.

Lain-lainnya sudah jelas beda. Mana ada wat - wat di jakarta? mana ada istiqlal / mesjid raya cantik di bangkok? gak ada tuh roller coaster kaki gantung di jakarta. trus, sementara masakan thailand merajalela di jakarta, kok gak sebaliknya? tapi pijet jawa or bali tetep lebih maknyus dari pijet thai yang ngajak linu2 buat yang gak biasa. TMII ala bangkok juga gak secakep TMII kita. bangkok cukup ngebosenin kalo dipikir mall kerennya terbatas dan yang dijual seni-nya gak se variatif indonesia.

hanya saja, ingatan saya, menyusuri jalan setapak di gang-gang bangkok, mendengar rumpian dalam bahasa thai, hampir keserempet tuk-tuk, numpang naik getek di kali, menikmati festival, mempertanyakan keluarga kerajaan (ah.. di indonesia mungkin baru ada nih samaannya, keluarga bakrie dan cendana.. yang serasa raja. kebal hukum) sambil menikmati bangunan2 grande... begitu exciting dan masih belum puas.

masi banyak lagi lainnya... coba deh diresapi. bangkok itu memang BEDA lah dari Jakarta. mana yang lebih enak? mana saya tau. i don't have any of those anymore... hiks.

Comments

  1. bener juga yah,, banyak banget yang beda bangkok sama jakarta,,
    jadi pengen kebangkok :D

    nice info :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Aturan Imigrasi Thailand Untuk Long Term Stay

Mendarat di Bandara Luar Negeri Tanpa Bingung

Itinerary : Kuala Lumpur - short term 3D2N or 2D1N